Setiap perusahaan memiliki strategi sendiri untuk meningkatkan pemasaran produknya, dan pada saat ini seorang wanita yang bekerja di salah satu televisi swasta pertama  akan memberikan ilmu pemasaran produknya di hadapan puluhan mahasiswa Universitas Tarumanagara. Beliau bernama Riska Fianti, bekerja di RCTI (Rajawali Citra Televisi Indonesia)sebagai Head of Publicity MNC Media.
Sebelum bekerja di RCTI, beberapa kali bekerja di tempat yang berbeda dan sampai saat ini beliau sedang mengambil pendidikan S2nya di Bina Nusantara University. Awalnya beliau sebagai penyiar radio di stasiun radio ternama di Indonesia. Beliau menjelaskan materi tenteng Marketing Communication di Industri TV, dimulai dari mengapa marketing komunikasi sangat dibutuhkan.
C:\Users\SAMUEL\Desktop\S_8544909671692.jpg
Alasan kuatnya karena adanya 4P, karena adanya product, price, place dan promotion lalu teori ini meningkat menjadi 7p yaitu people,process, physical, evidence. Kegiatan marketing komunikasi tidak lepas dari adanya konsep strategi marketing yaitu, segmentation, targeting serta positioning. Namun dasar pada hal itu semua adalah perencanaan, sehingga strategi selanjutnya adalah AIDA (Awareness,Interest, Desire, dan Action).
Untuk strategic marketing komunikasi di RCTI sendiri sering sekali membuat aktivasi atau event. Event tersebut diinisiasi koorporasi maupun event yang diiniasiasi oleh client. Beliau mencontohkan pada saat ulang tahun RCTI ke 29tahun. Dengan melakukan beberapa event-event di kota-kota tertentu,yaitu Jakarta, Surabaya dan Bekasi. Dan beliau mengatakan event yang paling meriah ialah di daerah Bekasi karena penonton masih menunggu sampai kegiatan event sudah selesai.
Sebelum menutup materi, beliau menanyakan “adakah dikelas ini yang memiliki bisnis?”  kepada puluhan mahasiswa di kelas kami. Dan Kevin mengancungkan tanganya dan menjelaskan bisnis alat pancingan yang ia pasarkan di beberapa e-commerce seperti tokopedia dan bukalapak. Sebagai penutupan Ibu Riska Fianti menegaskan bahwa kegiatan pemasaran sangatlah dibutuhkan untuk memasarkan kegiatan produknya, apalagi kekuatan media yang sangatlah signifikan.  

(by: gabriella)